Persiapan
pertama dari prokja ini yaitu survey TPQ yang ada di kelurahan Cangkiran yang
kemungkinan bisa kita bantu dan dampingi. Kemudian kami menghubungi pihak
terkait atau tokoh agama di sekitar TPQ tersebut. Di Kelurahan Cangkiran
sendiri sebenarnya terdapat 8 RW dan terdapat satu TPQ dimasing-masing RW,
namun karena KKN kami lebih menekankan
pada program kerja di RW 4 dan karena kekurangan sumber daya manusia serta
waktu maka dari itu kami memilih mengajar di TPQ RW IV dan ditambah TPQ RW II.
Serta ada tambahan prokja untuk mengajar ngaji sehabis maghrib di RW 7.
Kemudian tahapan selanjutnmya yaitu pembuatan jadwal Piket mengajar di TPQ
tentu juga di sesuaikan dengan jadwal prokram kerja yang lain.
Bentuk
kegiatan ini yaitu ikut membantu dan
mengisi materi di TPQ. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan setiap hari senin
sampai kamis pada sore hari. Di RW 2, anak-anak mengaji Iqro dan Al Qur’an
setelah itu dilanjutkan dengan sholat berjamaah yang didampingi oleh guru
ngaji. Sehabis sholat biasanya Kami berbagi materi yang berbeda setiap harinya.
Dan jika di RW 4 setiap hari sudah ada jadwal materi mengaji sehingga kami
tinggal menyesuaikan. Evaluasi dan Kendala dari program ini yaitu banyaknya
prokja dan sumber daya manusia yang kurang memadai kami hanya bisa mengisi
TPQ selama 4 hari dalam seminggu dan
cuaca yang sering mengakibatkan berkurangnya peserta TPQ. Dampak jangka panjang
dari ini adalah peserta TPQ menjadi bertambah ilmu dan semangatnya untuk terus
menuntut ilmu tentang ISLAM sejak usia dini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar